Pengertian Software Design Notations
Software Design Notation merupakan suatu notasi desain yang digunakan untuk merancang perangkat lunak yang berfungsi untuk mendeskripsikan tujuan suatu perangkat lunak. Notasi desain yang baik dapat menklarifikasikan hubungan dan interaksi yang terjadi di dalam perangkat lunak.Kriteria Penilaian Design Notation
- Automatic processing :
Memungkinkan desainer untuk memverifikasi kebenaran kualitas desain. - Modularity :
Notasi mendukung pengembangan perangkat lunak. - Structure enforcement :
Memberlakukan penggunaan konstruksi pemrograman terstruktur. - Ease of editing :
Mudah untuk melakukan modifikasi desain. - Data representation :
Kemampuan untuk menggambarkan data local dan global secara langsung. - Maintability :
Pemeliharaan konfigurasi. - Login verification :
Mampu melakukan verifikasi logika untuk meningkatkan kecukupan pengujian. - Overall simplicity :
Mudah untuk dipelajari, digunakan dan kualitas penulisannya. - Machine readability :
Notasi dapat dibaca oleh device dan menjadi masukan secara langsung ke dalam pembangunan sistem. - Easily converted to program source code :
Memudahkan dan mempercepat dalam pembuatan kode program.
Structural Descriptions
Structural Descriptions menggambarkan dan mewakili aspek structural dari perancangan perangkat lunak, yang meliputi :- Architecture description languages (ADL) :
Bahasa yang digunakan untuk menggambarkan arsitektur perangkat lunak dalam hal komponen dan konektor. - Component diagrams :
Digunakan untuk merepresentasikan sekumpulan komponen dari sebuah sistem, realisasi dari sekumpulan antar muka dan hubungan timbal baliknya. - Deployment diagrams :
Digunakan untuk memodelkan aspek fisik suatu sistem yang mewakili satu set simpul (fisik) dan keterkaitannya. - Interface description languages (IDL) :
Bahasa seperti pemrograman yang digunakan untuk mendefinisikan antarmuka (nama dan jenis operasi yang diekspor) dari komponen perangkat lunak .
Class Diagram
Digunakan untuk mewakili sekumpulan kelas dan hubungannya antar kelas lain. Class diagram berasal dari ERD dan terbatas dari hubungan biner.Contoh gambar:
sumber gambar: https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=3&ved=2ahUKEwj29v39v7jpAhX1meYKHeLlBEgQFjACegQIAhAB&url=https%3A%2F%2Fcs.uwaterloo.ca%2F~gweddell%2Fcs446%2FDesignNotations.pdf&usg=AOvVaw2KoPZpfhq8SBNHMeX424JR
Object Diagram
Hampir mirip dengan class diagram. Diagram ini digunakan untuk mewakili sekumpulan objek dan hubungannya antar objek lain hanya saja object diagram berasal dari structure charts.Contoh gambar:
sumber gambar: https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=3&ved=2ahUKEwj29v39v7jpAhX1meYKHeLlBEgQFjACegQIAhAB&url=https%3A%2F%2Fcs.uwaterloo.ca%2F~gweddell%2Fcs446%2FDesignNotations.pdf&usg=AOvVaw2KoPZpfhq8SBNHMeX424JR
Entitiy Relation Diagram (ERD)
Digunakan untuk menggambarkan model konseptual data yang disimpan dalam sistem informasiContoh gambar :
Sumber gambar : slide 7 PPT Software Design Notations oleh Universitas Pendidikan Indonesia, Dian Anggraini
Structure Charts
- Digunakan untuk menggambarkan struktur pemanggilan program
- Menguraikan komponen utama menjadi bagian-bagian kecil
- Digunakan dalam analisis sistem terstruktur/desain terstruktur
- Setiap grafik merupakan suatu proses
Sumber gambar : https://www.geeksforgeeks.org/software-engineering-structure-charts/
Behavioral Descriptions
Behavioral Descriptions digunakan untuk menggambarkan perilaku dinamis perangkat lunak dan komponen, yang meliputi:- Communication diagram :
Digunakan untuk menunjukkan interaksi yang terjadi di antara sekelompok objek, di mana penekanannya adalah pada objek, tautannya, dan pesan yang mereka tukarkan pada tautan. - Decision tables and diagrams :
Digunakan untuk mewakili kombinasi kondisi dan tindakan yang kompleks. - State transition and state chart diagrams :
Digunakan untuk menunjukkan aliran kontrol dari daerah ke daerah di mesin daerah. - Formal specification languages :
Bahasa tekstual yang menggunakan gagasan dasar dari matematika (misalnya, logika, set, urutan) untuk secara ketat dan abstrak mendefinisikan antarmuka dan perilaku komponen perangkat lunak, sering kali dalam hal kondisi sebelum dan sesudah kondisi.
Data Flow Diagrams (DFD)
Merepresentasikan sebuah sistem atau perangkat lunak pada beberapa level abstraksi dan untuk mengambarkan aliran data dalam sistem, sumber dan tujuan data, proses yang mengolah data tersebut, dan tempat penyimpanan datanya.Contoh gambar :
Sumber gambar : https://www.visual-paradigm.com/tutorials/how-to-create-data-flow-diagram/
Flowchart
Merupakan diagram alir yang menunjukkan apa yang terjadi dalam suatu program dan bagaimana data mengalir di sekitarnya. Flowchart dapat mewakili proses bisnis, menunjukkan keputusan yang diambil dan hasil dari keputusan itu.Contoh gambar :
Sumber gambar : https://www.edrawsoft.com/flowchart-definition.html
Activity Diagrams
Digunakan untuk menunjukkan aliran kontrol dari aktivitas. Diagramnya hampir mirip dengan flowchart.Contoh gambar :
Sumber gambar : https://www.visual-paradigm.com/guide/uml-unified-modeling-language/what-is-activity-diagram/
Sequence Diagram
Digunakan untuk menunjukkan interaksi di antara sekelompok objek, dengan penekanan pada urutan waktu pesan.Contoh gambar :
Sumber gambar : https://www.visual-paradigm.com/guide/uml-unified-modeling-language/what-is-sequence-diagram/
Pseudocode
Notasi desain yang berkaitan erat dengan bagaimana logika suatu program akan bekerja, umumnya pada tahap desain terperinci, perilaku prosedur atau metode.Aturan penulisan pseudocode :
- INPUT : Menunjukkan pengguna akan memasukkan sesuatu.
- OUTPUT : Menunjukkan bahwa output akan muncul di layar.
- WHILE : Loop (iterasi yang memiliki kondisi di awal).
- FOR : Loop penghitungan(iterasi).
- REPEAT–UNTIL : Loop (iterasi) yang memiliki kondisidi akhir.
- IF–THEN–ELSE : Keputusan (pemilihan) di mana pilihan dibuat.
Sumber gambar : https://www.bbc.co.uk/bitesize/guides/zw472hv/revision/1
Sumber :
- Slide PPT Software Design Notations oleh Universitas Pendidikan Indonesia, Dian Anggraini
- https://www.bbc.co.uk/bitesize/guides/zw472hv/revision/1
- https://www.visual-paradigm.com/tutorials/how-to-create-data-flow-diagram/
- https://www.visual-paradigm.com/guide/uml-unified-modeling-language/what-is-sequence-diagram/
- https://www.visual-paradigm.com/guide/uml-unified-modeling-language/what-is-activity-diagram/
- https://www.edrawsoft.com/flowchart-definition.html
- https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=3&ved=2ahUKEwj29v39v7jpAhX1meYKHeLlBEgQFjACegQIAhAB&url=https%3A%2F%2Fcs.uwaterloo.ca%2F~gweddell%2Fcs446%2FDesignNotations.pdf&usg=AOvVaw2KoPZpfhq8SBNHMeX424JR
- https://www.geeksforgeeks.org/software-engineering-structure-charts/
Komentar
Posting Komentar