Langsung ke konten utama

Flowmap dan Contoh Permasalahnya

FLOWMAP

Pengertian Flowmap
Flowmap adalah campuran peta dan flow chart,yang menunjukan pergerakan benda dari satu lokasi ke lokasi lain, seperti jumlah orang dalam migrasi, jumlah barang yang diperdagangkan, atau jumlah paket dalam jaringan. Flowmap membantu analis dan programmer untuk memecahkan masalah ke dalam segmen-segmen yang lebih kecil dan membantu dalam menganalisis alternaitf-alternatif lain dalam pengoprasian.
Pedoman-pedoman dalam membuat FlowMap
Bila seorang analis dan programmer akan membuat flowmap, ada beberapa petunjuk yang harus diperhatikan, seperti :
  • Flowmap digambarkan dari halaman atas ke bawah dan kiri ke kanan.
  • Aktivitas yang digambarkan harus didefinisikan secara hati-hati dan definisi ini harus dapat di mengerti oleh pembacanya.
  • Kapan aktivitas dimulai dan berakhir harus di tentukan secara jelas.
  • Setiap langkah dari aktivitas harus berada pada urutan yang benar.
  • Lingkup dan range dari aktifitas yang sedang di gambarkan harus di telusuri dengan hati-hati.
  • Gunakan simbol-simbol flowchart yang standar.
Kegunaan Flowmap
Kegunaan dari Flow Map adalah :
  • Menggambarkan aktivitas apa saja yang sedang berjalan.
  • Menjabarkan aliran dokumen yang terlihat.
  • Menjelaskan hubungan-hubungan data dan informasi dengan bagian-bagian dalam aktivitas tersebut.
  • Mendefinisikan hubungan antara bagian (pelaku proses), proses (manual/berbasis komputer) dan aliran data (dalam bentuk dokumen keluaran dan masukan).
Simbol Flowmap :
flowmap
1Dokumen : Menunjukan dokumen input atau output untuk proses manual atau komputer.
2. Proses : Kegiatan proses yang di lakukan dengan komputerisasi.
3. Proses Manual : Kegiatan proses yang di lakukan dengan manual (yang tidak dilakukan oleh komputer.
4. Garis alir : Menunjukan alir data dari atau ke proses.
5. Data store : Menunjukan penyimpanan arsip atau dokumen non komputer.
6. Database : Tempat penyimpanan data berbasis database.
7. Data elektronik : Menunjukan laporan data elektronik.
Jenis – Jenis Flowmap
Flowchart terbagi atas lima jenis, yaitu :
  • Flowchart Sistem (System Flowchart).
  • Flowchart Paperwork / Flowchart Dokumen (Document Flowchart).
  • Flowchart Skematik (Schematic Flowchart).
  • Flowchart Program (Program Flowchart).
  • Flowchart Proses (Process Flowchart).
Contoh Flowmap
Berikut adalah flowmap prosedur pembayaran di rumah makan yang ditunjukan pada gambar dibawah ini :

Berikut ini penjelesan dari flowmap di atas, sebagai berikut :
  1. Pembeli memberikan data pesanan ke bagian kasir.
  2. Petugas kasir menginputkan pesanan.
  3. Petugas kasir menghitung total pembayaran pesanan.
  4. Petugas kasir memberikan rincian total pembayaran dari pemesanan kepada pembeli.
  5. Pembeli melakukan pembayaran barang kepada kasir.
  6. Petugas kasir menginputkan data pembayaran.
  7. Petugas kasir melakukan pencetakan bon.
  8. Pembeli menerima bon pemesanan dari petugas kasir.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Macam-Macam Model Proses Pembangunan Perangkat Lunak

Proses pengembangan perangkat lunak (Software development process) adalah suatu struktur yang diterapkan pada pengembangan suatu produk perangkat lunak yang bertujuan untuk mengembangkan sistem dan memberikan panduan yang bertujuan untuk menyukseskan proyek pengembangan sistem melalui tahap demi tahap. Proses ini memiliki beberapa model yang masing-masing menjelaskan pendekatan terhadap berbagai tugas atau aktivitas yang terjadi selama proses. Berikut ini penjelasan dari beberapa model proses. 1. Incremental Model     Incremental model adalah perbaikan dari model waterfall yang pengembangannya dilakukan secara bertahap, untuk mengulang proses tidak harus mengunggu satu siklus selesai. Satu siklus dianggap sebagai satu increment. Berikut merupakan proses tahapan dari Incremental Model : Requirement  , Proses penentuan kebutuhan / analisis kebutuhan. Specification, Proses spesifikasi atau penyesuaian kebutuhan menggunakan analisis kebutuhan. Architectur...

Arsitektur Perangkat Lunak

ARSITEKTUR PERANGKAT LUNAK 1. Pengertian Arsitektur Perangkat Lunak Apa yang dimaksud dengan "Arsitektur Perangkat Lunak"? Definisinya menurut para ahli, antara lain:   1. IEEE: "Arsitektur adalah organisasi mendasar pada sebuah system yang mewujudkan komponen-komponen, hubungan antara satu dengan yang lainnya, dan dengan lingkungan, dan prinsip yang mengarahkan rancangan dan evolusi. " 2. Grady Booch, Philip Krutchen, Kurt Bittner, dan Rich Reitman: "Arsitektur perangkat lunak mencakup serangkaian keputusan-keputusan penting tentang organisasi sistem perangkat lunak, yaitu: pemilihan elemen struktural dan interface yang menyusun sistem; perilaku seperti spesifikasi dalam kolaborasi antar unsur-unsur; komposisi struktural dan perilaku elemen-elemen dalam membentuk subsistem yang lebih besar; dan gaya arsitektur yang memandu organisasi."    - Booch, P. Krutchen, K. Bittner and R. Reitman. The Rational Unified Process - An Introduction. 1999. Defini...